Kamis, 01 Maret 2018

BOB’S REPAIR : JEMBATAN KONTRAKTOR DAN PELANGGAN




Setiap pekerjaan renovasi rumah atau membangun rumah baru akan membutuhkan jasa kontraktor. Siapa pun yang memanfaatkan jasa kontraktor dalam perbaikan rumah akan menghadapi tiga masalah. Masalah ini membuat konsumen membuat keputusan yang kurang tepat dan membuang-buang uang. Bob’s Repair adalah solusinya yang memberikan kepercayaan dan harga yang wajar kepada konsumen dengan meluncurkan pasar terdesentralisasi yang dibangun di atas teknologi blockchain yang menghubungkan kontraktor secara langsung dengan konsumen.

Tiga masalah yang sering timbul dalam memanfaatkan jasa kontraktor adalah :
1.Timbulnya kecurangan
Karena adanya kecurangan, konsumen tidak bisa lagi mempercayai penjelasan secara online. Kecurangan terjadi dalam beberapa cara. Perusahaan secara artifisial menaikkan keseluruhan peringkat mereka dengan memberikan penjelasan palsu dan membayar penghapusan ulasan negatif. Perusahaan juga secara artifisial menurunkan peringkat pesaing mereka dengan membeli ulasan negatif palsu. Akibatnya, konsumen tidak dapat lagi mempercayai daftar pencarian, seperti rekomendasi Google lokal, Home Advisor, dan Yelp. Tanpa ulasan yang sah, konsumen tidak dapat membuat pilihan terbaik, yang menyebabkan mempekerjakan kontraktor dengan praktik penipuan dibandingkan dengan layanan atau harga terbaik.
2.Biaya iklan
Dengan munculnya biaya iklan, konsumen membayar terlalu banyak biaya untuk layanan. Misalnya, pada situs web layanan, kontraktor akan menghabiskan sejumlah besar uang untuk iklan. Kontraktor membebankan biaya iklan ini ke konsumen, yang menghasilkan harga lebih tinggi.
3.Transparansi harga
Kurangnya transparansi harga, konsumen tidak mengetahui biaya sebenarnya dari layanan yang mereka beli, yang menghasilkan harga yang tidak adil. Misalnya, situs web layanan mengenakan biaya $ 375 USD untuk mengganti toilet. Konsumen tidak tahu mengapa biaya layanan itu $ 375 USD — berapa biaya toilet baru versus tenaga kerja versus biaya? Akibatnya, konsumen tidak sadar membayar $ 375USD untuk pemasangan toilet, yang seharusnya mereka hanya membayar $ 150 USD untuk pemasangan toilet.

Untuk mengatasi penipuan biaya tersembunyi iklan dan biaya yang meningkat karena kurangnya transparansi harga, Bob’s Repair akan membangun Aplikasi Bob pada blockchain STEEM yang terdiri dari dari aplikasi iOS, Android, dan web yang canggih. Aplikasi Bob memanfaatkan teknologi blockchain berdasarkan waktu transaksi tiga detik dan tidak ada biaya transaksi. Aplikasi Bob akan menyimpan semua transaksi keuangan yang terjadi pada Bob’s Repair pada blockchain. Saat konsumen dan kontraktor meminta ulasan, Bob’s Repair akan menghubungkan peninjauan tersebut dengan transaksi keuangan sebenarnya. Dengan menghubungkan ulasan dengan transaksi keuangan yang sebenarnya, konsumen dapat mempercayai bahwa ada pandangan yang nyata dan tidak berubah. Tinjauan nyata dari konsumen , memberikan informasi yang lebih baik sehingga konsumen dapat membuat keputusan yang lebih baik. Aplikasi Bob tidak akan memiliki iklan dari kontraktor. Akibatnya, kontraktor tidak akan meneruskan biaya iklan ke konsumen. Kontraktor tidak dapat membeli visibilitas pada Bob’s Repair melalui periklanan. Misalnya, jika kontraktor memiliki ulasan yang lebih terverifikasi, maka kontraktor tersebut akan memiliki kehadiran yang lebih signifikan. Struktur ini akan menghilangkan biaya iklan tersembunyi. Aplikasi Bob akan memiliki harga yang transparan. Setiap review akan memberikan biaya layanan, dipecah menjadi biaya material dan tenaga kerja. Konsumen akan dapat dengan mudah mencari ulasan untuk mengetahui bahan aktual dan biaya tenaga kerja untuk layanan tertentu. Transparansi ini akan menurunkan harga dan mengatasi kenaikan biaya.

Bob’s Repair membangun Aplikasi Bob yang dirancang oleh ahli blokir dan insinyur perangkat lunak yang berpengalaman. Untuk menyebarkan berita tersebut, Bob’s Repair berencana untuk memanfaatkan basis pelanggan 50.000 orang dari STWP, komunitas Cryptocurrency, dan media sosial. Kontraktor akan menanggapi manfaat dari platform, seperti gaji take-home yang lebih tinggi dan kontrol yang lebih besar terhadap jadwal mereka. Demikian juga, konsumen akan berdatangan ke ulasan yang dapat dipercaya, harga yang lebih rendah, dan pelayanan yang lebih baik. Ini akan menghasilkan jaringan kontraktor dan konsumen terdesentralisasi. Untuk menyebarkan kesadaran dan menyempurnakan Aplikasi Bob, Bob’s Repair akan mengumpulkan dana dengan mengeluarkan token ERC20 yang disebut BOB Tokens. Bob’s Repair akan memberikan 50 persen keuntungan kepada pemegang token dengan membeli BOB Tokens setiap kuartal di pasar terbuka dan membakarnya. Proses pembakaran ini setara dengan memberikan dividen kuartalan dan reinvestasi kembali triwulanan. Perbaikan Bob akan menerbitkan BOB Token sebagai keamanan sesuai dengan peraturan SEC. Untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan, Bob’sRepair telah terlibat dalam konsultasi dengan peraturan SEC dan keuangan internasional. Untuk mempertahankan pendapatan dan pertumbuhan, Bob’s Repair akan mengikuti tren modern dalam model pendapatan. Bob’s Repair tidak akan memiliki biaya keanggotaan, biaya pendaftaran, atau biaya transaksi yang memberikan hambatan masuk serendah mungkin bagi kontraktor dan harga serendah mungkin bagi konsumen. Sebagai gantinya, Bob’sRepair akan memperoleh pendapatan melalui blockchain STEEM, layanan escrow, dan memberikan layanan pihak ketiga yang menguntungkan kepada kontraktor dan konsumen. Melalui Aplikasi Bob, Bob’s Repair berencana untuk memperoleh porsi yang signifikan mencapai nilai $ 400 miliar.

Pada tahun 2013, pendiri Bob’s Repair, Frideric dan Alexandre Prandecki, saudara Prandecki, membentuk perusahaan yang secara langsung menghubungkan konsumen dengan kontraktor melalui STWP. Saudara-saudara Prandecki mengembangkan STWP untuk memberikan biaya yang lebih rendah dan alternatif yang lebih dapat diandalkan untuk perusahaan jasa kontraktor lain di luar sana, seperti Angie’s List and Home Advisor. Selama tiga tahun, STWP tumbuh secara signifikan. Saudara Prandecki menghasilkan pendapatan lebih dari $ 1.000.000 USD dan memfasilitasi lebih dari 50.000 layanan panggilan. STWP tumbuh dari satu kontraktor di Nevada menjadi 100 kontraktor yang tersebar di enam negara bagian. Para kontraktor mengkhususkan diri pada, antara lain bidang pengecatan, plumbing, listrik, dan HVAC. STWP mengandalkan model bisnis sederhana dan teknologi otomatis untuk mencapai efisiensi operasional, sekaligus meningkatkan profitabilitas dan skalabilitas. STWP mengelola kontraktor, mengumpulkan pembayaran dari kontraktor, mempekerjakan kontraktor baru, menjawab pesan dan panggilan dari kontraktor yang menggunakan bot, dan mengelola iklan online ke dua pengiklan internet internasional.

● Model Bisnis
Platform merekrut kontraktor dan pelanggan melalui platform periklanan online lokal. Kontraktor membayar biaya tetap sebesar $ 75 USD per minggu dan menerima sebanyak mungkin pelanggan potensial (yaitu, prospek) yang tersedia, rata-rata dua lead per hari. Dua prospek per hari setara dengan biaya per-lead rata-rata sekitar $ 5 USD, sementara rata-rata biaya per rata di platform lain sama dengan $ 50 USD.

● Proses Otomatis
Ketika pelanggan melihat iklan di platform periklanan online lokal, pelanggan akan menelepon atau mengirim SMS ke layanan permintaan nomor lokal. Panggilan pada awalnya dijawab oleh saudara laki-laki Prandecki dan kemudian oleh agen yang berkualitas. STWP secara otomatis akan menanggapi pesan teks dengan cepat dan menghubungkan kontraktor ke pelanggan.

● Teknologi
Proses otomatis bergantung pada SMS API yang dibangun di atas platform komunikasi Twilio. Twilio melayani sejumlah besar pelanggan dengan lalu lintas yang signifikan, seperti Netflix dan Intuit. Proses otomatis sangat bergantung pada teknologi kata kunci. Jika pesan SMS berisi frase “koneksi AC 240”, STWP secara otomatis akan mengirim pesan ke kontraktor yang memenuhi syarat, yang menyediakan “Membutuhkan koneksi 240V untuk pengkondisian udara.” Sistem pembelajaran yang terus berlanjut mengenali sinonim dan ungkapan non-standar juga. Jika pesan atau voicemail tidak dapat secara otomatis diberikan ke kontraktor, pesan atau pesan suara tersebut disaring ke salah satu operator manusia yang akan menghubungkan pelanggan untuk klarifikasi. Operator manusia juga menghubungkan pelanggan yang menggunakan telepon rumah alih-alih perangkat yang mampu menerima SMS. Selain memfasilitasi operasi, teknologi juga memfasilitasi kepuasan dan loyalitas. Misalnya, melalui STWP perusahaan bisa mengirim SMS, seperti “Happy 4th of July,” kepada semua kontraktor, untuk menjaga sentuhan pribadi antara perusahaan dan kontraktor.

● Manfaatnya
Model bisnis dan proses otomatis menguntungkan baik kontraktor maupun pelanggan. Model bisnis berbiaya rendah menyebabkan harga yang lebih rendah bagi pelanggan dan keuntungan yang lebih tinggi untuk kontraktor. Proses otomatis juga menyebabkan harga yang lebih rendah dan skalabilitas yang lebih baik. Misalnya, karena STWP, satu karyawan penuh waktu mengelola lebih dari 200 kontraktor sekaligus dan perusahaan dapat mengandalkan tenaga kerja independen lokasi yang lebih rendah.
Logika Bisnis
Langkah I. Pembuatan pekerjaan dan setoran uang

1. Pelanggan menciptakan deskripsi pekerjaan, menemukan pekerja dan mereka membuat kontrak.
a. Pelanggan membuka situs Escrow, di mana dia menemukan asisten yang membantunya menentukan setiap aspek pekerjaan, termasuk tonggak sejarah.
b. Deskripsi pekerjaan lengkap dipublikasikan di situs Escrow.
c. Pelanggan disajikan dengan daftar kontraktor yang paling sesuai untuk pekerjaan, seiring dengan tingkat harga, penilaian dan ulasan pelanggan lainnya.
d. Pelanggan memilih hingga 3 kontraktor dari daftar.
e. Kontraktor terpilih diberitahu tentang pekerjaan itu
f. Kontraktor meninjau deskripsi pekerjaan, ulasan pelanggan dan jika mereka menemukan pekerjaan yang sesuai mereka dapat memposting proposal mereka untuk harga pekerjaan, tenggat waktu dan persyaratan lainnya.
g. Pelanggan disajikan dengan proposal kontraktor, dapat mengajukan pertanyaan tambahan jika diperlukan, dan pada akhir langkah ini sebuah kesepakatan dibuat antara pelanggan dan kontraktor Perjanjian ini, tanpa data pribadi dan informasi sensitif lainnya, dipublikasikan di situs escrow. URL dan hash SHA3-nya akan dipublikasikan di Blockchain pada langkah 2. Juga salinan perjanjian ini dengan semua data pribadi disimpan dan hanya tersedia untuk pelanggan, kontraktor dan pegawai Escrow.

2. Pelanggan menerbitkan transaksi pada Blockchain Etherium dari dompetnya ke kontrak Escrow yang meliputi:
a. pembayaran penuh untuk pekerjaan + biaya layanan
b. Alamat Ethereal dari kontraktor
c. susunan batas waktu untuk setiap pekerjaan
d. mengatur pembayaran untuk setiap pekerjaan
e. Persetujuan URL dan hash dari langkah 1-g

3. Sebagai hasil transaksi dari langkah 2, sebuah smart contract (kontrak kerja) diterbitkan di blockchain yang menyimpan semua data dari transaksi. Pembayaran (tanpa biaya escrow) ditransfer ke kontrak kerja ini.

4. Server layanan Escrow memonitor Blockchain untuk transaksi dari langkah 2 dan bila transaksi tersebut berhasil, kontraktor diberitahukan bahwa pembayaran diterima oleh Escrow.

Langkah II. pembayaran kepada pekerja atau pengembalian dana
Ada beberapa pilihan untuk pelanggan dan pekerja.

1. Jika pekerjaan selesai sebelum batas waktu dan pelanggan memutuskan bahwa dia tidak memiliki klaim
a.Pelanggan menerbitkan transaksi di blockchain ke kontrak kerja yang menegaskan bahwa pekerjaan tersebut telah selesai.
b. Kontraktor menerbitkan transaksi untuk mengklaim pembayaran pekerjaan.
c. Pembayaran dikirim melalui kontrak kerja ke kontraktor saat memproses transaksi ini.
d. Jika ini adalah pekerjaan terakhir, sebuah acara diterbitkan di blockchain bahwa pekerjaan itu selesai.

2. Jika kontraktor menganggap bahwa pekerjaan selesai, namun pelanggan tidak setuju:
a.Kontraktor menerbitkan sebuah transaksi untuk kontrak kerja dengan melakukan pencarian ke tim Escrow untuk menyelesaikan pekerjaan.
b. Server escrow memonitor Blockchain untuk transaksi tersebut dan pegawai Escrow diberitahu tentang masalahnya.
c. Pegawai escrow membaca kesepakatan antara kontraktor dan pelanggan, melakukan kontak keduanya, melakukan tindakan tambahan yang diperlukan untuk menentukan apakah tonggak tersebut benar-benar selesai atau tidak.
d. Pegawai escrow menerbitkan sebuah transaksi untuk kontrak kerja dengan:
- untuk dikirim ke pelanggan
- untuk dikirim ke kontraktor
- keputusan — apakah pekerjaan telah selesai?
e. Jumlah dari dua jumlah ini harus sama dengan pembayaran pekerjaan saat ini atau seluruh jumlah kontrak tersisa. Dalam kasus pertama pekerjaan dianggap selesai dan kontraktor dapat memulai pekerjaan berikutnya. Keputusan harus benar. Dalam kasus kedua, pekerjaan tersebut akan dianggap gagal dan tidak ada lagi pekerjaan yang harus dilakukan. Keputusan harus salah.
f. Uang dikirim sesuai keputusan karyawan saat memproses transaksi ini.
g. Jika pekerjaan terakhir atau keputusan = salah, maka sebuah acara dipublikasikan di Blockchain bahwa pekerjaan tersebut telah selesai atau telah gagal.

3. Jika pelanggan menganggap bahwa pekerjaan belum selesai dan kontraktor belum mempublikasikan permintaan ke Escrow (opsi 2) sebelum batas waktu:
a.Setelah batas waktu, pelanggan dapat menerbitkan transaksi ke kontrak kerja dengan klaim untuk menerima sisa uang tersebut sebagai pengembalian dana.
b. Semua uang lebih dari kontrak dikirim ke pelanggan saat proses transaksi ini.
c. Sebuah acara diterbitkan di blockchain bahwa pekerjaan tersebut telah gagal. Proses ini diulang untuk setiap pekerjaan.

Langkah III. Ulasan
Setelah pekerjaan selesai atau gagal, pelanggan dapat menulis ulasan untuk kontraktor, yang akan dipublikasikan ke komunitas STEEM. Selain itu, kontraktor dapat menulis ulasan untuk pelanggan. Setelah memberi ulasan, ulasan dikirim ke komunitas STEEM untuk moderasi. Kedua ulasan tersebut, dengan referensi ke alamat kontrak kerja, disimpan di situs web escrow. Transaksi dengan URL dan hash SHA3 dari ulasan ini akan dipublikasikan oleh layanan escrow ke kontrak kerja untuk menyimpan data ini di blockchain. Layanan escrow terdiri dari dua bagian utama: situs pembayaran Bob dan API dan smart contract escrow. Situs web ini berfungsi sebagai front end bagi pelanggan dan pekerja dan sebagai media penyimpanan untuk dokumen (perjanjian kerja, ulasan, dll.) Untuk dirujuk dari Blockchain. Smart contract escrow digunakan untuk mengelola arus uang antara pelanggan dan pekerja dan juga untuk menyimpan tautan dan hash perjanjian kerja dan ulasan sehingga tidak dapat diubah kemudian.

Alur kerja layanan web escrow dan smart contract :
1. Pelanggan menulis deskripsi pekerjaan. Hal ini dapat dilakukan di situs web escrow dengan bantuan antar muka pengguna grafis yang user-friendly (GUI)yang menanamkan ekosistem Bob sesuai kebutuhan dengan contoh aplikasi escrow dan menghubungkan API ke semua aplikasi masa depan yang dikembangkan masyarakat. Kemudian deskripsi disimpan dalam database dan dapat diakses oleh mereka yang memiliki password (dan juga untuk karyawan Bob’s Repair). 
2. deskripsi URL pekerjaan, hash SHA3, alamat Ethereum dari kontraktor dan batas akhir pekerjaan dikirim ke kontrak escrow dan disimpan di blockchain. Selain itu, pembayaran untuk biaya layanan pekerjaan dan escrow dikirim dengan transaksi ini.
3. Layanan escrow memonitor blockchain, dan saat transaksi berhasil ditambang, ia akan memberitahukan kontraktor sehingga dia dapat memulai pekerjaannya.
4. Pelanggan dapat mengirimkan transaksi yang memperpanjang batas waktu jika terjadi penundaan (disebabkan oleh pelanggan, kontraktor atau faktor eksternal).
5. Bila pekerjaan selesai atau batas waktu telah lewat, ada beberapa pilihan berikut:
a.Setelah pekerjaan selesai dan pelanggan puas, dia mengirim sebuah transaksi dengan konfirmasi bahwa uang bisa dilepaskan. Kontrak escrow kemudian mengirimkan dana ke alamat kontraktor.
b. Jika pekerjaan dilakukan tapi pelanggan tidak mengirimkan konfirmasinya, kontraktor memiliki opsi untuk mengirim transaksi dengan klaim untuk menerima pembayarannya. Dalam kasus ini, karyawan escrow akan menghubungi pelanggan dan kontraktor dan akan mengambil keputusan berapa banyak uang yang harus diterima kontraktor. Kemudian mereka menerbitkan transaksi yang sesuai, dan dikirim ke kontraktor dan / atau pelanggan sesuai keputusan ini.
c. Jika batas waktu telah berlalu namun tidak ada konfirmasi pekerjaan dari pelanggan yang telah diterima, dan kontraktor tidak mengeluarkan klaim, maka pelanggan dapat mengklaim depositnya (dikurangi biaya layanan escrow) kembali.

Satu pekerjaan terbagi dalam beberapa tahapan. Dalam kasus ini, persentase tertentu dari total biaya untuk pekerjaan dialokasikan untuk setiap tahap, dan setiap tahap memiliki tenggat waktu sendiri. Untuk setiap tahapan, langkah 4 dan 5 diulangi. Jika tenggat waktu telah berlalu dan tidak ada konfirmasi yang diterima bahwa pekerjaan untuk tonggak tersebut telah dilakukan (Langkah 5), daripada sisa pekerjaan dianggap gagal dan pelanggan dapat mengklaim pengembalian dana untuk semua tonggak yang tersisa.

Ada banyak aplikasi sukses lainnya yang memanfaatkan ekosistem STEEM: Busy.org, ChainBB, dan Zappl. Saat platform Bob’s Repair digunakan, pengguna dapat memberi referensi pada pos pekerjaan masa lalu dan semua data komentar dan ulasan terkait. API STEEM dimanfaatkan untuk memastikan bahwa semua mekanisme komentar dan upvoting dilakukan dengan cara yang efisien.

ICO BOB’S REPAIR

Untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap, silahkan mengunjungi link di bawah ini :

bandaro



Tidak ada komentar:

Posting Komentar